Rendi Septiyanto

Lahir Jakarta, 14 September 1991

Dbuu, Ucil, panggilan akrabnya

Brother, itulah satu kata yang paling cocok untuk lo. Di tulisan ini gw mau cerita tentang seorang bocah muda yang penuh dengan mimpi, kepedulian, solidaritas, pengorbanan, tanggung jawab, cinta, visi-misi, kedewasaan, kesabaran dan banyak lagi.

Gw ketemu ma dia saat masuk Organisasi Pecinta Alam SMAN 39 Jakarta Trinawa Bhuwana. Dbuu atau The-Boo. Cowok yang kecil, hitam, gaul, banyak bacot dengan motor supra ceper batik yang antic, sama seperti mukanya yang antic dan perlu dilestarikan.

Tak ingat banyak, mulai dari pendidikan dan latihan pada bulan Agustus hingga November 2006. Orientasi Gabungan di Jambore Agustus 2006, Praktek Lapangan November 2006 dan Pelantikan 2007. Tanggal 4 Januari awal kita Pelantikan, upacara diterangi sinar mentari pagi di Lapangan Basket SMAN 39 Jakarta. Ibu Hartini sebagai Kepala Sekolah saat itu yang melepas kepergian kami Pelantikan. Gw memang belum mengenal dia sepenuhnya 1 banding 1000000000000000000000, gw baru kenal dia.

07 Januari 2007 adalah tanggal yang bersejarah untuk kami dan Pusara 23 Drawa, mulai saat itu kami terikat dalam satu persaudaraan yang memaksa. Cerita dari Pelantikan yang akan kita bawa sampai mati, dari kita ketawa bareng, kesakitan bareng, push-up bareng, makan bareng, ngerokok bareng, ngopi bareng, disiksa bareng, nangis bareng. Itulah pondasi yang kokoh untuk kita menjadi saudara. Cukup unik 4 hari untuk selamanya. Hanya dengan 4 hari, kita bisa menjadi saudara untuk selamanya.

Membuat Acara Peresmian Nama Angkatan Pusara 23 Drawa, yang dimaksudkan ‘rantai air’. Diharapkan dari nama ini kita tidak akan pernah putus seperti rantai yang saling mengikat dan kita bisa bermanfaat untuk orang lain seperti air yang selalu dibutuhkan. Inilah awal kita meresmikan, memplokamirkan bahwa kami saudara.

Menjadi Panitia dan Badan Pengurus Harian menambah erat ikatan kita, sifat baik dan buruk keluar dari setiap individu dan itu wajar. Setelah lulus, kita berpisah dan dari sinilah sebenarnya gw merasa kehilangan dari saudara-saudara gw, salah satunya The-Boo, untungnya masih suka ketemu dia di Baroja, cerita dari yang paling menyedihkan dan menyenangkan kita sharing. Hahha.

Hingga suatu saat kita mengalami kejadian yang serupa, H-2 lebaran kita di baroja memandang jalanan depok yang dibasahi hujan. Segelas kopi sangat membantu untuk menghangatkan hati nan beku. Dbuu lo ada saat gw butuh. Lo mau bantu gw ngonsep segala acara, walaupun tertunda tapi gw sangat bersyukur ada lo di saat gw butuh banget orang.

Entah lo ngerasa hal sama ato ga, tapi kepedulian lo ga bisa gw pungkiri lagi. Kepedulian lo yang bukan Cuma buat gw, tapi buat bangsa ini. Gw tau ini bukan aib lo ga lanjut kuliah, tapi ini adalah prestasi lo, karena lo udah buat banyak prestasi untuk mengisi waktu hidup lo. Gw salut ma lo, dibanding gw yang ga bisa ngapa2in.
Cerita cinta lo yang terbilang unik juga, semoga dijadikan pelajaran ke depannya, bukan hanya ‘mereka’ yang butuh cinta kita, masih banyak yang butuh ‘cinta’ kita. Kalo dibilang sakit, ya sakit, ya ga bu? Hahhaha. Tapi ini hidup.

Gw nulis ini setelah apa yang lo kasih buat gw, dan otak gw langsung merembet dalam sebuah tulisan ini. Salah satu yang bisa gw kasih adalah ini bu. Semoga persaudaraan yang kita linting dari nyari tembakau satu-satu menjadi sebuah cigarette tidak terbakar sia-sia. Karena kita tau semua akan kembali dimana kita tahu hari itu.

Lo salah satu inspirasi gw bu.

I know, you love your way. I proud of that.

Jangan lupa dengan yang mempertemukan kita.

5 thoughts on “Rendi Septiyanto”

  1. uooooooo baguuuus…..
    so sweet banget.
    gw terharu bacanya.
    dan gw juga sangat amat setuju sekali dengan apa yang lo tulis.

  2. hi kak BR! kita pernah ketemu sekali doang wktu itulah yg ada emboy di kops,wkwk. Ga usah diinget kali ya.
    Gw lagi nyari tugas kuliah tentang DAS, malah tentang debu jd sorotan gw pertama kali. Baru kenal kak debu bbrp kali aja, ngerasa bgt emg kak debu baik. bisa ngejagain semua tmn2 disekeliling dia.
    btw thanks buat artikel DAS nya, ijin copas yah kak

Leave a Reply

