INDONESIA AKAN JADI LEBIH BAIK

Indonesia akan menjadi lebih baik, tidak hanya kinerja pemerintah saja yang dilihat, tapi kinerja dari masyarakat atau rakyatnya sendiri juga perlu diperhatikan. Pemerintah memiliki peran penting dalam me-manajemen negara ini dan rakyat juga sangat berperan dalam menjalankan dan mematuhi peraturan yang ada. Saya yakin semua warga negara ini ingin Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya, tapi hal itu bertolak belakang dengan realita yang ada. Masyarakat kita kebanyakan belum menyadari pentingnya melakukan sesuatu untuk kebaikan negara ini, kebanyakan dari mereka hanya bisa mengkritik, merusak, bahkan, menindas satu dengan yang lain. Hal seperti itu tidak bisa dipungkiri, itulah yang saya lihat, dan mungkin saya pernah lakukan.

Sebelum terlambat, sebelum bendera Merah Putih kita padam oleh keadaan sekitar, kita harus merubah kebiasaan kita yang tidak baik. Bila kita sudah merubah kebiasaan kita yang tidak baik itu, kita sudah termasuk melakukan pembelaan terhadap negara tercinta. Tidak semua menyadari akan hal itu, bisa karena tidak mau tahu atau tidak tahu karena keterbatasnya pengalaman atau ilmu pengetahuan. Saya baru tahu hal seperti itu termasuk bela negara saat mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Institut Pertanian Bogor. Saya menyadari perbuatan bela negara tidak hanya angkat senjata dan meneriakkan “atas nama rakyat kami disini !!”, tapi ada kegiatan atau tindakan lain yang bisa kita lakukan untuk bela negara sebagai warga negara. Diantaranya,

  1. Membuang sampah pada tempat sampah, usahakan organik dan anorganik dipisah.
  2. Menaati rambu-rambu lalu lintas. Berhenti di belakang garis saat lampu merah.

Mungkin baru itu yang saya telah lakukan. Masih banyak yang bisa kita lakukan selain hal diatas, untuk kemajuan Indonesia Tercinta. tidak ada rasanya untuk meninggi. Itu saya buat agar saya tidak mengalami kemunduran atas tindakan yang pernah saya perbuat demi bangsa ini.

Saya yakin saudara-saudara dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote akan mengubah Indonesia menjadi lebih baik, tidak dalam kemonotonan ini atau kembali ke tahun-tahun sebelumnya. Memulai dari hal kecil  bersama-sama akan terlihat besar hasilnya.

semua ini saya tuliskan hanya untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik, mohon maaf bila ada kesalahan atau pihak yang tersinggung karena semua adalah kesalahan saya sebagai penulis dan hanya dari-Nya kebenaran bermula.

2 thoughts on “INDONESIA AKAN JADI LEBIH BAIK”

  1. wah, ada yg semangat juga ingin mnjadikan negara ini berkembang lbh baik.. ^.^9
    inspirasi aku jg dtg dari pak Rinekso (dosen kshe) bhwa semua memang bermula dr diri sndiri dan brharap apa yg kita lakukan akan orang lain lakukan jg..

    Tp tnpa qt sadari hal kcil yg qt lakukan memang akan berdampak besar pada negara qt..

    “satu langkah kecil untuk kemajuan besar di masa mendatang” ^.~
    Konsisten and dO it now!!

Leave a Reply

